Sejarah Kaos Oblong Yang Dinilai Berandal

Emmapass.com – Kaos oblong merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki setiap orang. Tidak hanya wajib untuk kaum pria saja, wanita juga wajib punya. Selain itu juga tidak memandang berapa usianya, pokoknya kaos oblong itu wajib untuk dimiliki semua orang.

Namun pada masa lalu, jika orang mengenakan kaos oblong pasti akan dianggap sebagai berandalan. Para orang jaman dulu menilai kaos oblong tidak memiliki kerah, kancing ataupun saku seperti yang ada di kemeja.

Kaos oblong juga biasanya terbuat oleh kain poliester atau katun. Selain digunakan nyaman, juga simple. Kaos oblong petama kali mulai tenar sejak abad 19. Pada saat itu, kaos oblong biasa digunakan oleh para tentara Inggris dan Amerika.

Namun tidak pada semua acara kaos oblong digunakan, hanya sewaktu santai ketika cuaca sedang panas.

Kaos oblong mulai populer di dunia fashion gara-gara aktor Marlon Brando mengenakannya dalam pementasan drama Broadway yang berjudul A Street Named Desire. Kaos oblong pas badan yang dikenakan tokoh Stanley Kowalski dalam drama tersebut terlihat begitu modis, membuat para pemuda kepincut buat meniru.

Para pemuda mulai berani memakai kaos oblong untuk bergaul. Tetapi tren ini pun dicibir banyak pihak karena kaos oblong masih dianggap sebagai undershirt yang tak pantas dikenakan sebagai pakaian luar. Kaos oblong lantas dianggap sebagai satu bentuk pemberontakan, sebuah tindakan tak pantas yang dilakukan para remaja. Tak pelak para pemuda yang mengenakan kaos oblong pun dicap berandalan. Sementara para pecinta kaos oblong pada masa itu menganggap pakaian tersebut sebagai ekspresi kebebasan semata.

Kaos oblong semakin digandrungi sejak aktor James Dean mengenakannya, kali ini dalam film layar lebar berjudul Rebel Without A Cause (1955) yang juga sukses.

Saat ini kaos oblong sudah menjadi bagian dari keseharian setiap orang. Bahkan sudah naik kelas menjadi item fashion berkelas dengan adanya clothing line, distro, dan berbagai kaos eksklusif rancangan rumah mode kondang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *