Toko Busana Jawi Suratman Sediakan Batik Untuk Acara Pernikahan Kahiyang Ayu

Emmapass.com –  Batik solo dibuat bukan tanpa memiliki arti sama sekalipun. Banyak batik Solo yang dibuat memiliki makna yang bermacam-macam. Kain batik yang khususnya merupakan khas Solo memjadi suatu elemen yang begitu penting di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

“Batik Solo sendiri memiliki setidaknya dua ribu motif. Tapi umumnya, motif yang digunakan untuk acara tertentu hanya beberapa jenis,” ungkap Ki Ronggojati Sugiyatno, Pemilik Toko Busana Jawi Suratman, di tokonya di Solo, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Dia merupakan salah satu pengusaha batik yang sudah menjadi langganan kluarga pak Jokowi. Toko miliknya tersebut sudah dipercaya oleh keluarga Pak presiden RI unutuk membantu mempersiapkan seragam beskap yang nantinya akan dipakai pada saat acara pernikahan Kahiyang Ayu.

Seperti yang sudah disampaikan olehnya, setiap motif batik memiliki makna masing-masing. Batik yang digunakan untuk acara pernikahan yakni batik yang mempunyai motif truntum wahyu.

“Maknya, seberat-beratnya tanggung jawab setelah menikah tapi masih ada anugrah dari Tuhan. Semacam permohonan untuk mendapatkan berkah dari Tuhan,” terang Pak No.

Ada juga sebuah batik dengan motif sido mulyo untuk acara ijab kabul dan sido mukti. Tidak ketinggalan satria wibowo untuk calon pengantin pria saat lamaran yang menandai kesiapannya untuk bertanggung jawab dan mandiri memperistri seorang wanita.

“Sido luhur sebaiknya jangan dipakai saat pernikahan karena biasanya untuk praloyo (melayat) dan jumenengan. Ini ada kaitannya dengan hubungan vertikal, antara Tuhan dan penciptanya,” ungkap Pak No.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *