Purana Hadirkan Koleksi Baru dari Material Daur Ulang

 

 

Emmapass.com – Seiring waktu berlalu, produk dalam negeri sudah memiliki tempat di hati masyarakat sehingga menunjukan perkembangan pesat pada dunia industri Fashion Indonesia. Hal tersebut juga tidak lepas dari karya-karya perancang muda berbakat dan berkualitas yang mempunyai tren unik. Diantaranya brand lokal yang fokus pada kain trasional, yakni Purana.

Bekerjasama dengan Hotel Indigo Bali Seminyak Beach, Purana menghadirkan koleksi terbarunya yang bertema IndigoBlu yang ditunjukannya pada gelaran fashion tahunan Senayan City, Fashion Nation 2018. Koleksi tersebut terinspirasi dari sebuah film berjudul “The True Cost”.

Pada acara tersebut, koleksi Purana memakai bahan yang lebih ramah lingkungan seperti linen, katun, dan kain yang menggunakan pewarna dari bahan alami tumbuh-tumbuhan.

Bukan hanya itu, brand fashion yang fokus pada kelestarian lingkungan ini memakai upcycling pada proses pembuatan produknya. Teknik ini merupakan teknik yang menggunakan bahan-bahan sisa yang dirombak menjadi produk baru yang bernilai lebih tinggi.

“Pada koleksi IndigoBlu ini, Purana melakukan teknik upcycling yaitu mendayagunakan kembali bahan-bahan yang sedianya sudah menjadi sisa olahan atau buangan, menjadi sesuatu yang kembali memiliki fungsi,” ungkap Nonita Respati Creative Director Purana, di Senayan City, Jakarta pada Sabtu (21/4/2018).

Disesuaikan dengan tema, palet warna yang dipakai pada koleksi Purana ini yakni pewarna alam biru indigo. Warna yang kayu dan akar juga dijadikan sebagai kombinasi warna. Kombinasi ini menjadi kesatuan yang senada dan keren.

Sedangkan untuk siluet, tampak cutting longgar yang diberi aksen origami pada area leher, lengan, serta saku. Potongan asimetris yang dipakai juga memberikan kesan edgy namun tetap etnik.

Perpaduan material yang dipakai yakni tenun tangan Pekalongan yang dibuat memakai teknik batik dengan motif garis. Fashion show ini bertambah sempurna dengan aksesori boy cap rotan yang mencuri perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *